Cara Merawat Anakan Murai Batu Agar Cepat Gacor (Umur 1,2,3,4 Bulan)

cara perawatan murai batu anakan
omkicau.com

Memang agar bisa mendapatkan murai batu yang berkualitas tentunya harus berasal dari indukan yang berkualitas juga. Bukan hanya hal itu saja, kamu juga harus memperhatikan segi perawatan yang bisa serta cocok untuk dilakukan pada murai batu anakan agar bisa berkualitas.

Apalagi jika ingin membuat anakan murai batu tersebut cepat gacor sangat cocok jika kamu membaca dan memahami apa yang ada pada isi artikel kali ini. Tapi sebelumnya kita juga harus memilih anakan murai batu yang berkualitas seperti yang sudah aku singgung di atas agar mudah dalam membuatnya cepat gacor.

Ciri Anakan Murai Batu yang Bagus

Untuk itu aku akan mencoba untuk memberikan ciri dari anakan murai batu yang bagus sehingga kamu tidak akan tertipu jika ada penjual yang mengatakan bahwa anakan tersebut berasal dari indukan yang berkualitas padahal tidak dan hal itu sangat kita sayangkan.

  1. Suara

Murai batu anakan yang berkualitas akan memiliki suara yang keras atau sering juga disebut dengan ketrekan karena suara yang dikeluarkan (trek…trek..trek) dan bersifat menyambung tidak ada jeda yang lama dan ini merupakan potensi yang bagus.

  1. Bentuk Fisik

Murai batu anakan yang bagus akan memiliki ukuran tubuh yang besar dan panjang sehingga ketika sudah dewasa makan akan terlihat gagah dan bisa mengeluarkan suara yang bisa membuat lawan menjadi down.

  1. Bentuk Kepala

Untuk bentuk kepala murai batu bagus akan berbentuk tidak bulat dan kebanyak murai batu kepalanya berbentuk agak bulat. Sehingga murai batu yang memiliki bentuk kepala gepeng akan menambah kualitas penampilan dan gaya saat berkicau dalam sebuah kontes.

  1. Bentuk Paruh

Murai batu yang bagus akan memiliki paruh yang tidak terlalu tebal akan tetapi panjang karena dengan bentuk paruh tersebut akan menghasilkan suara yang panjang serta keras.

Setelah kamu mendapatkan anakan murai batu yang berkualitas maka tahap selanjutnya adalah perawatan yang sesuai dan maksimal untuk membuat murai batu semakin berkualitas terutama agar cepat gacor. Karena hal ini biasa yang diinginkan oleh para pencinta burung kicau agar bisa diikut sertakan dalam sebuah kontes dan bisa menjadi juara. Akan tetapi kamu juga harus tahu mengenai kelebihan dan kekurangan anakan murai batu yang berasal dari ternak dan hutan sebagai pertimbangan yang bisa kalian simak DISINI.

cara perawatan anakan murai batu

Cara Perawatan Harian

Dalam merawat burung kicau harian tidak jauh berbeda dengan cara perawatan harian pada burung – burung kicau lainnya bahkan hal ini juga sudah aku bahas di artikel sebleumnya. Untuk itu kali ini aku akan lebih menekankan pada cara merawat  murai batu agar bisa cepat gacor, untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti di bawah ini ;

  1. Harus pandai memilih anakan yang berkualitas
  2. Harus mengetahui kualitas induk anakan tersebut
  3. Jika ingin yang bagus harus berkelamin jantan
  4. Pola makan harus di atus semaksimal mungkin
  5. Pola mandi dan jemur yang di sesuaikan (tidak berlebihan)
  6. Sering di simpan dalam keadaan full kerodong
  7. Sering diperdengarkan suara masteran yang sesuai atau cocok.

Akan tetapi ada beberapa hal yang benar – benar harus diperhatikan seperti pemberian makanan, vitamin dan pemasteran. Untuk itu akan coba aku bahas lebih dalam mengenai hal tersebut di bawah ini :


  1. Makanan untuk Murai Batu

  • Jangkrik, jangkrik merupakan pakan murai batu yang paling utama dan memang merupakan makanan utama untuk murai batu hutan. Sebelum diberikan hendaknya buang dulu bagian – bagian yang susah dicerna seperti kepala, kaki dan sayap.
  • Belalang,bisa dikatakan juga seperti jangkkrik yang sama – sama mengandung kadar protein yang bagus untuk tumbuh kembang murai batu. Akan tetapi ada beberapa belalang yang tidak boleh diberikan pada murai batu seperti belalang berwarna hitam dan merah karena mengandung racun. Untuk belalng yang bisa di gunakan adalah belalang berwarna hijau yang biasa kita temukan pada dedaunan hijau dipesawahan.
  • Kroto,kroto memang dipercaya bisa menjaga bahkan meningkatkan suhu panas tubuh burung. Untuk itu harus diperhatikan juga jangan sampai suhu tubuhnya berlebihan karena itu bisa berdampak negative seperti halnya mabung, sehingga pemberian kroto juga jangan terlalu berlebihan.
  • Cacing Tanah,untuk pakan cacing sebaiknya diperhatikan kesetrelilannya sebelum diberikan. Bisa dengan cara direndam dulu dalam air agar benar – benar bersih dan tidak menganggu pencernaan.
  • Ulat,ulat juga termasuk pada pakan murai batu yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Adapu beberapa jenis ulat yang bisa diberikan pada murai batu seperti ulat kayu, ulat bamboo, ulat pohon, ulat pisang dan yang tidak kalah lagi yaitu ulat hongkong serta ulat – ulat lainnya. Untuk pemberiannya juga harus memperhatikan kondisi burung jangan sampai menjadi over birahi.
  • Veor,veor atau poor merupakan pakan murai batu yang sering kita gunakan selain pakan – pakan alami di atas. Veor juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup sehingga memang bagus juntuk diberikan dan untuk veor yang sering diberikan seperti genus copsychus.

  1. Vitamin untuk Murai Batu

  • BnR Vit-1untuk menambah stamina burung
  • Vitasoluntuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati burung yang kurang sehat.
  • Growvitbisa digunakan utuk mempercepat pertumbuhan bulu seperti pada burung yang sedang mabung
  • MaduKicau bisa digunakan untuk menambah birahi dan gairah burung
  • Vitafitbisa digunakan untuk menjaga kesehatan atau kondisi burung
  • Dll

  1. Masteran untuk Murai Batu

Ada beberapa suara masteran yang cocok untuk diberikan pada murai batu dan bukan hanya berasal dari suara murai batu itu sendiri.

Nah itulah beberapa tahapan serta cara dalam merawat anakan murai batu agar cepat gacor serta tidak lupa dalam pakan, vitamin dan masteran yang memang sangat cocok untuk diberikan pada murai batu sehingga bisa cepat gacor.

Artikel ini Termasuk Juga Dalam Bahasan - cara merawat murai batu anakan agar cepat bunyi - cara merawat anakan murai batu umur 2 bulan - cara merawat anakan murai batu agar cepat gacor - cara merawat anakan murai batu - tips merawat anakan murai - cara anakan mu - brug murey anakan biar cepat bunyi - brg murey anakan biar cepet gcor - vitamin untuk murai umur 2 bulan - anakan murai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*