Cara Memanjangkan Ekor Murai Batu Ala Master Juara Nasional

panjang bulu ekor murai batu

Masteranburung.com – Burung murai batu memang merupakan salah satu burung yang mempunyai letak keindahan pada bagian ekornya, dimana ekor murai itu panjang tapi ada juga yang pendek. Nah di artikel kali ini aku akan sedikit berbagi tips atau cara membuat burung murai batu memiliki ekor yang panjang, ya kadang yang tadinya memiliki ekor panjang juga bisa menjadi pendek karena berbagai hal, entah itu sakit atau akibat dari setelah mabung.

Akan tetapi sebelum pada cara tersebut ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, diantaranya panjang ekor asli pada setiap habitatnya dan kamu juga harus tahu apa saja penyebab bulu ekor murai batu tidak bisa maksimal panjangnya sehingga memudahkan kita untuk menangani hal tersebut.

Ukuran Panjang Ekor Murai Berdasar Asalnya

  • Burung Murai Batu Aceh memiliki panjang ekor 19 – 27 cm
  • Burung Murai Batu Medan memiliki panjang ekor 18 – 22 cm
  • Burung Murai Batu kalimantan Timur memiliki panjang ekor 10 – 14 cm
  • Burung Murai Batu Kalimantan Tengah memiliki panjang ekor 12 – 15 cm
  • Burung Murai Batu Kalimantan Selatan memiliki panjang ekor 10 – 14 cm
  • Burung Murai Batu Bukit Barisan memiliki panjang ekor 17 – 20 cm
  • Burung Murai Batu Nias memiliki panjang ekor 13 – 19 cm
  • Burung Murai Batu Lampung memiliki panjang ekor 15 – 17 cm
  • Burung Murai Batu Jambi, Riau, Bengkulu memiliki panjang ekor 15 – 18 cm
  • Burung Murai Batu Palembang memiliki panjang ekor 15 – 17 cm
  • Burung Murai Batu kalimantan Barat memiliki panjang ekor 15 – 17 cm
  • Burung Murai Batu Bangka Belitung memiliki panjang ekor 15 – 17 cm

Giaman cukup beragam bukan? Dan itulah panjang minimal dan maksimal yang bisa dimiliki oleh tiap jenis burung murai batu, nah jika jenis murai batu yang kamu miliki dibawah panjang minimal brarti ada masalah dengan burung kamu sehingga harus segera di atasi. Apa saja masalahnya? Ya banyak masalah atau faktor – faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekor murai batu dan bisa kamu simak dibawah ini.

panjang bulu ekor murai batu

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Maksimal

  1. Bisa dikarenakan saat mabung burung mengalami stres yang cukup tinggi, stres sendiri bisa dipicu dari kurangnya asupan nutrisi pada murai batu. Maka dari itu saat burung sedang mabung kita dituntut pintar dalam memilih dan memberikan pakan yang tepat dan memiliki atau mengandung protein tinggi seperti belalang, jangkrik, ulat hongkong, kecebong, cacng tanah dan kroto.
  2. Usahakan untuk bisa mengatur suhu udara, karena suhu udara juga bisa membuat bulu ekor murai batu tidak sempurna pertumbuhannya. Karena jika suhu trlalu panas maka zat lilin yang terdapat pada ekor murai batu akan menghilang dan bisa menyebabkan bulunya tidak tumbuh sempurna.
  3. Jika kamu menemukan bulu ekor murai batu patah, maka sebaiknya biarkan sampai lepas dengan sendirinya. Jangan di cabut atau dipaksa lepas karena itu bisa memicu pertumbuhan yang lebih pendek dari pada yang seharusnya.
  4. Saat burung murai batu sedang dalam kondisi mabung maka jauhkan dari suara – suara murai batu lainnya yang bisa memicu pertarungan kucauan yang sebenarnya itu dapat menganggu pertumbuhan bulu terutama pada murai batu yang sedang mabung.

Nah selain mengetahui dan menghidari hal – hal di atas kamu juga bisa melakukan perawatan exstra dalam membuat bulu ekor murai batu mempunyai panjang yang maksimal. Bagaimana caranya? Kita simak sama – sama di bawah ini. Sebelumnya kamu juga bisa menyimak Kelebihan Murai Batu Nias dan Kekurangan Murai Batu Aceh sebagai tambahan pengetahuan yang bisa kamu dapatkan, karena dengan sering membaca kita mendapatkan ilmu yang bisa bermanfaat bagi kita dan juga orang sekitar.

Cara Perawatan Ekor Murai Batu Agar Maksimal

  1. Langkah pertama kamu bisa denga menambah EF berupa jangkrik setiap paginya yang bisa diberika 6 – 9 ekor dan dilakukan juga pada sore hari. Untuk siangnya bisa kamu berikan kroto segar sebanyak 1 cepuk kecil saja yang bisa dilakukan 3 hari sekali.
  2. Sebisa mungkin jauhkan murai batu dari murai batu lainnya dalam kondisi di kerodong agar masa pertumbuhan bulunya bisa berjalan dengan lacar tanpa adanya kata stres. Akan tetapi untuk pemasteran tetap bisa dilakukan baik itu setiap hari atau 2 hari sekali. Untuk suara masterannya sendiri bisa kamu simak atau download
  3. Jangan lupa untuk selalu memandikan burung murai batu dalam keramba 3 hari sekali dan untuk penjemurannya dilakukan setiap pagi dengan waktu 15 menitan yang bisa diambil dari jam 7 – 8 pagi. Jangan terlalu lama karena bisa merusak bulu ekor murai batu itu sendiri.
  4. Bisa kamu berikan olesan bawang putih yang berfungsi untuk merangsang tumbuhnya ekor pada murai batu.
  5. Selalu bersihkan sangkar dari segala kotoran yang bisa mengakibatkan terganggunya pertumbuhan bulu pada murai batu seperti kutu, kuman, parasit dan yang lainnya.

Nah itulah cara dalam memanjangkan ekor burung murai batu sehingga dapat memiliki panjang yang optimal dan ingat setiap jenis murai batu memiliki panjang ekor yang berbeda termasuk yang lainnya. Jangan lupa juga untuk menyimak perbedaan Murai batu biasa dan MB Lampung Super, semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini Termasuk Juga Dalam Bahasan - cara memanjangkan eko - ekor ditengah panjang murai mana ya - memanjangkan ekor murai - perawatan murai batu ala master - tips memanjangkan ekor murai batu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*